Bumil Sehat bersama Posyandu Anggrek Kampung Panca Karsa Purna Jaya

Pancakarsapurnajaya.desa.id– Posyandu Anggrek kampung panca karsa purna jaya melakukan kegiatan Posyandu untuk Ibu hamil pada hari rabu (15/05/2019) bertempat di gd.TP PKK Posyandu Anggrek Kampung Panca Karsa Purna Jaya.  Sepagi pukul 09:00 WIB, bidan desa dibantu kader Posyandu anggrek sudah sibuk melayani ibu-ibu hamil, jumlah peserta yang hadir hari ini berjumlah 12 orang sedang yang tidak berangakat ada 3 orang.  Adapun yang menjadi petugas dalam kegiatan posyandu hari ini berjumah 6 orang yaitu bidan desa, dua kader posyandu anggrek dan tiga orang tambahan dari tim uji lap. Puskesmas Panca Karsa Purna Jaya.

Tema posyandu hari ini pemeriksaan kesehatan dan cek lab. Sesuai dengan tema tersebut  sementara Kegiatan didalamnya  diantaranya diantaranya pemeriksaan kesehatan dalam bentuk periksaan tensi darah, pengukuran berat badan , pengukuran tinggi badan, dan pemeriksaan janin ditambah pengambilan sampel darah dan sampel urin untuk uji lap.

Menurut keterangan bidan desa bahwa dari hasil pemeriksaan kesehatan peserta  semuanya baik, namun ada dua peserta yang agak riskan, satu hamil  usia muda 21 tahun, dan satu hamil usia tua dan memiliki riwayat sesar. “ berdasarkan pemeriksaan yang telah kami lakukan keseluruhan peserta kondisinya kesehatanya baik, hanya ada satu peserta yang tensi nya agak tinggi, dan satu lagi hamil usia muda 21 th. Dan yang satunya lagi hamil tua dengan riwayat sesar, dua orang ini yang agak riskan nanti” terang Laili Amalia Fitriani selaku Bidan Desa Panca Karsa Purna Jaya.

Ia menambahkan ada beberapa peserta yang hari ini  tidak hadir maka kami nanti akan mendatangi kerumahnya bersa tim dari puskesmas “peserta posyandu bumil yang tidak hadir ada 3 orang salah satu diantaranya hamil tua dan kondisi nya ngedrop, untuk itu nanti selesai disini kami akan langsung kesana, pemeriksaan door to door bersama tim uji lap. Untuk memeriksa peserta yang tidak bisa hadir hari ini.” Pungkas Laili Amalia Fitriani

( Dok.SIDEKA pemberian suplemen penambah darah kepada peserta Posyaandu bumil oleh bidan desa Ibu Laili Amalia Fitriani )

Sementara untuk cek lab. Hari ini yaitu cek lab. Lima, yaitu pemeriksaan cek HIV Aids, Cek Hepatitis, Cek Protein, dan Cek Gula Darah. Untuk kesulurahan peserta semuanya aman. “pemeriksaan yang kami lakukan  ialah cek lab. Lima yaitu HIV,Hepatitis, protein, dan gula darah, dari keluruhan hasilnya bagus.” Ujar mbak Veny selaku Tim dari Puskesmas Banjar Baru.

( Dok. SIDEKA Kegiatan pengambilan sampel darah oleh mbk Veny tim dari Puskesmas Panca Karsa Purna Jaya )

kegiata tersebut  selesai pukul 10:30 WIB ini dan ini menurut petugas kader posyandu merupakan pelaksanaan paling cepat, biasanya selesai pukul 14:00 WIB. Sedangkan untuk alur  kegiatanya hari ini seperti biasanya pendaftaran, pelayanan, penimbangan, lalu cek tensi kemudian pemeriksaan kondisi janin, selajutnya peserta mendapat suplemen atau obat-obatan dan diteruskan dengan cek lab.

Berikut gambar kegiatanya posyandu untuk buml hari ini

( Dok. SIDEKA Kegiata pemeriksaan tensi darah Oleh Bidan desa )

 

( Dok. SIDEKA Bidan desa dibantu kader posyandu Anggrek melayani pendaftaran peserta )
( DOK. SIDEKA Kegiatan Pengukuran tinggi badan oleh petugas )
( Dok. SIDEKA peserta posyandu bumil sdr. Deti usia kehamilan 4 bulan mendapat obat dan buah )
( DOK. SIDEKA kegiatan cek lap oleh tim dari puskesmas panca karsa purna jaya )
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan