Suasana Pelatihan Inovasi Pengembangan Sumber Daya Manusia di Balai Kampung Panca Karsa Purna Jaya

Pancakarsapurnajaya.desa.id-Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Tingkat Kecamatan Banjar Baru menggelar Pelatihan Inovasi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) bagi Kader Pembangunan Manusia (KPM) dan Aparatur Kampung bertempat di Balai Kampung Panca Karsa Purna Jaya, Rabu 10 Juli 2019. Turut hadir menjadi peserta dalam kegiatan tersebut YaituTP PKK dan KPM (Kader Pembangunan Manusia) Region Kecamatan Banjar Baru , dengan Jumlah Peserta sekitar 20 orang yang merupakan perwakilan dari 10 desa yang ada di Wilayah Kecamatan Banjar Baru.

Kegiatan ini Bertujuan  Menyiapkan dan membekali pelaku progam terutama kader desa /TP PKK dari sisi pengetahuan, keterampilan, kapasitas dan sikap terkait pencegahan Stunting di wilayah desa masing-masing, mengingat Progam Pencegahaan dan penanganan Stunting telah menjadi agenda Nasional dan juga berbagai progam telah di kembangkan, termasuk progam inovasi desa dengan menugas kan KPM Kader Pembangunan Manusia untuk turut bergabung dalam TKPMD ( Tim Pembangunan Masyarakat Desa).

Kegiatan Pelatihan Inovasi PSDM dibuka oleh Bapak Plt. Camat Banjar Baru Bapak Ermansyah,SE.,MH. Dalam Sambutanya Menyampaikan pengembangan Sumber Daya Manusia menjadi salah satu prioritas Progam Inovasi Desa Tahun 2019 termasuk  di dalamnya agenda pencegahan Stunting merupakan kewajiban Bersama.

Lebih lanjut ia berpesan kepada peserta agar bisa mengikuti dengan seksama pelatihan tersebut.  “Selamat mengikuti pelatihan ini, saya berharap teman-teman peserta dapat mengikuti dengan seksama dan sebaik mungkin “ terang Ermansyah SE.,MH.

Kemudian di tempat yang bersamaan Toni Suprastowo Koordinator TIPD selaku ketua pelaksana Menambahkan bahwa kegiatan pelatihan ini sangat dibutuhkan dalam rangka peningkatan SDM Masyarakat. “Kegiatan ini penting untuk terus digalakkan, karena kader dan aparatur di Desa menjadi garda terdepan untuk menjadi pelopor Pencegahaan penyakit stunting di desa”. Ujar Toni Suprastowo.

Acara tersebut dimulai pukul 08:00 WIB dan selesai Sampai Sore pukul 17:00 WIB,  dengan rangkaian acara nya adalah pembukaan dengan diawali menyanyikan lagu inodesia raya, lalu sambutan ketua TIPD kemudian Doa dipimpin oleh Muhammad Rifa’i  kemudian penutup dengan sesi Foto Bersama.

(DOK.Pihak Ketiga Kegiatan Foto bersama dalam acara Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia/FTO/SANTI. )

Selanjutnya setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan acara inti yaitu penyampaian materi dari oleh Narasumber, beberapa Narasumber yang mengisi acara tersebut diataranya Ibu Lisda Ramadhan Ketua IBI Ranting Banjar Baru, Bapak Khoruddin SE.,MM Tenaga Ahli PSD (Pelayanan Sosial Dasar), Bapak Dhani Efendi Kabid DPMK, ibu Siti Murdawiti Tenaga Ahli Pengembangan Partisipatif dan Andri Jaya Tenaga Ahli TTB ( Teknologi Tepat Guna )

( DOK.SIDEKA Peserta Pelatihan Mendapat materi dari Narasumber )
( DOK. SIDEKA Kegiatan Penyampaian Materi oleh Narasumber dalam Kegiatan Pelatihan Inovasi PSDM /FTO/ELMAN )

Koordinator PD (pendamping Desa) tingkat Kecamatan Yuhendra, S.I.P berharap peserta dapat menyerap materi dengan sempurna dan bias mengaplikasikan dilapangan. “harapanya dari kegiatan yang dilaksakan ini terutama materi-materi yang di sampaikan dapat diserap dengan baik dan bias di aplikasikan dilapangan “ ujar Yuhendra, S.I.P

Senada hal tersebut Sekretaris Kampung, Bapak Rohmat berharap bahwa peserta pelatihan Bersama perangkat desa bias menjadi garda terdepan dalam pencegahan masalah stunting ataupun dapat menekan masalah gizi buruk. “ kami mendelegasikan dua warga kami menjadi peserta pelatihan, yaitu satu dari TP PKK dan satu lagi Kader KPM,tentunya kami berharap peserta yang kami kirim bias menjadi garda terdepan dalam menekan masalah gizi buruk di kampung kita ini.” Rohmat.

(DOK. Pihak Ketiga dua peserta pelatihan dari perwakilan Kampung Panca Karsa Purna Jaya yaitu ibu SIti dan Ibu Mima tengah antusias menerma materi dalam pelatihan inovasi PSDM /FTO/ELYA)
(DOK.SIDEKA dua Peserta Pelatihan di dampingi Bidan Desa Ibu Laily (jilbab putih) dalam acara Pelatihan Pengembagan Sumber Daya Manusia (PSDM)
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan