INI LHO CERITA LANJUTAN DARI MUSDESUS BLT-DD GELOMBANG KE-2

Pemerintah Kampung Panca Karsa Purna Jaya Melakukan Validasi dan Verifikasi Sekaligus Penetapan Calon Penerima BLT-Dana Desa Gelombang Ke-2

 

Panca Karsa Purna Jaya – Adanya bencana non alam yang disebabkan oleh penyebaran Covid-19 berdampak bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat desa. Dalam rangka penanganan dan penyebaran Covid-19 yang khususnya di Kampung melalui penggunaan Dana Desa dapat digunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) kepada penduduk miskin di Kampung.

BLT Dana Desa merupakan program Pemerintah Pusat sebagaimana tercantum pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Nomor 11  Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 40/PMK/07/2020 tentang Perubahan Atas Peranturan Menteri Keuangan Nomor 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Dalam rangka pengelolaan dana desa melalui penyaluran BLT-DD kepada penduduk miskin, pemerintah desa melaksanakan Musyawarah Desa Khusus (musdesus) dengan agenda validasi, finalisasi, dan penetapan Data Rumah Tangga Calon Penerima BLT Dana Desa. Gelombang Ke-2

Adapun  Mekanisme Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), sasaran penerima BLT-DD adalah Keluarga miskin penerima BLT Dana Desa merupakan keluarga yang kehilangan mata pencaharian atau pekerjaan, belum terdata menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), serta yang mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis. Dan 14 Kriteria yaitu :

Kriteria Penduduk Miskin Calon Penerima BLT Dana Desa

  1. Luas lantai <8m2/orang
  2. Lantai tanah/bambu/kayu murah
  3. Dinding bambu/rumbia/kayu murah/tembok tanpa plester
  4. Buang Air Besar tanpa fasilitas/bersama orang lain
  5. Penerangan tanpa listrik
  6. Air minum dari sumur/mata air tidak terlindung/sungai/air hujan
  7. Bahan bakar kayu bakar/arang/minyak tanah
  8. Konsumsi daging/susu/ayam hanya 1 kali/minggu
  9. Satu stel pakaian setahun
  10. Makan 1-2 kali/hari
  11. Tidak sanggup berobat ke puskesmas/poliklinik
  12. Sumber penghasilan KK petani berlahan <500m2, buruh tani, buruh nelayan,buruh bangunan, buruh perkebunan, pekerjaan lain berupah < Rp 600 ribu/bulan
  13. Pendidikan KK Tidak sekolah/tidak tamat SD/tamat SD
  14. Tidak memiliki tabungan/barang mudah dijual minimal Rp 500 ribu

Oleh karena itu, dalam rangka menetapkan daftar calon penerima BLT-DD Gelombang ke-2, Pemerintah Kampung Panca Karsa Purna Jaya melakukan kegiatan verifikasi dan validasi sekaligus penetapan calon penerima BLT-DD Gelombang Ke-2 pada Selasa (02/06/2020) bertempat di Aula Balai Kampung Panca Karsa Purna Jaya dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Kegiatan verifikasi, validasi dan Penetapan BLT-DD Gelombang Ke-2 dilakukan oleh Kepala Kampung Panca Karsa Purna Jaya, Sekretaris Kampung Panca Karsa Purna Jaya, Ketua dan Anggota BPK, Perangkat Kampung, Babinkamtimas, Ketua RK dan Tokoh Masyarakat. Pada kesempatan tersebut, Kepala Kampung Panca Karsa Purna Jaya (Bakri) menyampaikan bahwa dalam menetapkan calon penerima BLT-DD Gelombang Ke-2 agar berpedoman kepada petunjuk teknis terkait BLT-DD ini untuk menghindari kesalahan pengambilan keputusan dan meminta agar Penerima BLT-DD Gelombang Ke-2 ini adalah orang-orang yang benar-benar terdampak Covid-19 dan bukan termasuk di PKH, BPNT dan bantuan perluasan.

“ Saya  berharap dalam mengambil keputusan berpedoman pada petunjuk teknis terkait BLT-Dana Desa untuk meminimalisir kesalahan dan yang berhak menerima BLT- Dana Desa ini adalah orang-orang yang benar-benar terdampak Covid-19 dan bukan termasuk di PKH, BPNT dan bantuan perluasan,” tutur Bakri (Kepala Kampung Panca Karsa Purna Jaya)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan